ORGANISASI RUANG YANG SEDERHANA DAN EFISIEN

INSPIRASI KAMAR MANDI UNIK
April 17, 2017

ORGANISASI RUANG YANG SEDERHANA DAN EFISIEN

Rumah sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia menjadi sebuah aspek yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Secara fisik rumah bertujuan melindungi pengguna dari kondisi alam dan lebih lanjut berperan dalam pembentukan karakter seseorang. Menurut Martin Heidegger, seorang filsuf dari Jerman, rumah tak hanya ruang berbentuk fisik, namun juga mengacu pada konsep psikologis bertempat tinggal, di mana rumah juga merupakan penentu identitas seseorang. Oleh sebab itu rumah menjadi kebutuhan dasar bagi setiap manusia.

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan rumah semakin meningkat dan menyisakan sebagian ruang bagi manusia lainya. Hal ini mengakibatkan berkurangnya kesempatan seseorang untuk memiliki rumah. Perbandingan ketersediaan ruang dan kebutuhan akan ruang berbanding terbalik, maka dari itu semakin sedikit peluang seseorang dalam memiliki rumah.

Perbandingan antara ketersediaan ruang dan kebutuhan akan ruang yang berbanding terbalik membuat rumah menjadi barang yang sangat mewah sehingga sulit dijangkau oleh beberapa kalangan. Terutama untuk wilayah perkotaan dengan populasi yang padat dan tidak diimbangi dengan ketersediaan ruang yang cukup.

Dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di masyarakat, maka dibentuk sebuah konsep yang dapat dijadikan sebagai solusi. Ruang yang minimal dan memiliki penghawaan dan pencahayaan alami menjadi tujuannya. Melalui konsep ORGANISASI RUANG YANG SEDERHANA DAN EFISIEN maka dijadikan sebuah solusi bagi masalah yang terjadi.

Melalui organisasi ruang yang sederhana maka dapat terbentuk penataan ruang yang maksimal dan efisien. Dimulai dari sebuah ruang yang difungsikan sebagai ruang tamu, dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. Beberapa kebutuhan ruang tersebut disatukan dalam sebuah ruang dan dibantu dengan sekat sebagai pembatas. Ruang-ruang tersebut dapat dibedakan menjadi zona Public dan zona Semi Public yang memiliki bukaan dibeberapa sisi. Bukaan tersebut menjadi solusi penghawaan dan pencahayaan alami rumah.

Lantai dua menjadi zona Private di mana kamar tidur berada. Memiliki dua kamar tidur menjadi pilihan, sebab untuk memenuhi kebutuhan ruang orang tua dan anak yang biasanya menjadi gambaran umum sebuah keluarga yang ada di masyarakat. Zona service atau ruang yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang cuci dan jemur juga berada di lantai dua. Hal ini diletakkan di lantai dua agar zona service berada di ruang semi outdoor yang memiliki sirkulasi udara yang maksimal.

Merespon kehidupan keluarga di perkotaan maka dibentuk sebuah ruang yang dapat dijadikan sebagai ruang komersil. Kamar tidur beserta kamar mandi dan teras dapat dijadikan sebagai Guest House. Ruang ini masuk ke dalam zona Public dan dijadikan sebagai ruang komersil bagi pemilik rumah. Tersedianya ruang komersil dijadikan sebagai solusi bagi keluarga yang tinggal di daerah perkotaan. Hal ini dapat dijadikan sebagai pendapatan tambahan dalam memaksimalkan ruang yang tersedia melalui ORGANISASI RUANG YANG SEDERHANA DAN EFISIEN.

Merespon penghawaan dan pencahayaan alami, maka dibuat sebuah konsep “cerobong” di dalam rumah. Posisi”cerobong” yang terletak di tengah rumah menjadi jalur utama sirkulasi udara dan pencahayaan alami. Melalui bukaan ventilasi dan material transparan pada penutup atap menjadi solusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *